PROFIL dan kompetensi lulusan

A. PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Diploma III Keperawatan Indonesia adalah sebagai perawat pelaksana asuhan keperawatan pada individu, keluarga, dan kelompok khusus ditatanan klinik dan komunitas yang memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia yang meliputi aspek bio, psiko, sosio, kultural, dan spiritual dalam kondisi sehat, sakit serta kegawatdaruratan berdasarkan ilmu dan teknologi keperawatan dengan memegang teguh kode etik perawat.

Pendidikan keperawatan jenjang Diploma III diselenggarakan oleh perguruan tinggi dengan tujuan menghasilkan Ahli Madya Keperawatan. Dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) menyebutkan bahwa lulusan pendidikan diploma III berada pada jenjang kualifikasi yakni:

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian maslah prosedural.
  3. Mampu mengelola kelompok kerja dan menyususn laporan tertulis secara komprehensif.
  4. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberitanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.

Hal ini berarti bahwa lulusan Diploma III Keperawatan berperan sebagai perawat terampil dalam menyelesaikan masalah prosedural keperawatan secara mandiri dan berkelompok yang direncanakan sesuai dengan standar asuhan keperawatan, dengan kemampuan menerima tanggung jawab terhadap keputusan dan tindakan asuhan keperawatan profesional, sesuai lingkup praktik dan hukum/peraturan perundangan. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dimaksud sesuai Peraturan Presiden nomor 8 Tahun 2012.

B. KOMPETENSI LULUSAN

Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal oarang lain.
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasysrakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
  11. Mampu bertanggung gugat terhadap praktik profesional meliputi kemampuan menerima tanggung gugat terhadap keputusan dan tindakan profesional sesuai lingkup praktik dibawah tanggungjawabnya, dan hukum/peraturan perundangan.
  12. Mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan Kode Etik Perawat Indonesia.
  13. Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasistas sesuai dengan lingkup tanggung jawabnya.

Penguasaan Pengetahuan (PP)

  1. Menguasai konsep anatomi fisiologi tubuh manusia, patologi dan patofisiologi kelainan struktur dan fungsi tubuh, gizi, mikrobiologi, parasitologi, farmakologi
  2. Menguasai prinsip fisika, biokimia, dan psikologi.
  3. Menguasai pengetahuan faktual tentang antropologi social
  4. Menguasai konsep keperawatan sebagai landasan dalam memberikan asuhan keperawatan secara holistic dan komprehensif.
  5. Menguasai konsep dan prinsif “ pasient safety”
  6. Menguasai konsep teoritis kebutuhan dasar manusia.
  7. Menguasai teknik, prinsip, dan prosedur pelaksanaan asuhan/praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok.
  8. Menguasai konsep teoritis dan prosedur pencegahan penularan infeksi dan promosi kesehatan, pemberian obat oral dan obat topikal, parental dan supositoria.
  9. Menguasai jenis, manfaat dan manual penggunaan alat kesehatan.
  10. Menguasai konsep dan prinsip stirilisasi dan desinfeksi alat.
  11. Menguasai konsep dan prinsip pelaksanaan Bantuan Hidup Dasar pada situasi gawat darurat dan atau bencana.
  12. Menguasai teknik pengumpulan, klasifikasi, dokumentasi, dan analisa data serta informasi asuhan keperawatan.
  13. Menguasai konsep, prinsip dan teknik komunikasi teraupetik serta hambatanya yang sering ditemui dalam pelaksanaan asuhan keperawatan.
  14. Menguasai konsep, prinsip,dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan bagi klien.
  15. Menguasai kode etik perawat indonesia, pengetahuan faktual tentang hukum dalam bidang keperawatan, prinsip prnsip otonomi, malpraktik, bioetik yang terkait pelayanan keperawatan.
  16. Menguasai konsep teoritis penjaminan mutu asuhan keperawatan, konsep teoritis Praktik keperawatan berbasis bukti (Evidence based Praktis).

Keterampilan Khusus (KK)

  1. Mampu memberikan asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, dan kelompok baik sakit, sehat, dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio, psiko, sosiokultural, dan spiritual yang menjamin keselamatan klien (pasient safety), sesuai standar asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia.
  2. Mampu melaksnakan prosedur bantuan hidup dasar (basic life suport) pada situasi gawat darurat/bencana dengan memilih dan menerapkan metode yang tepat, sesuai standar dan kewenanganya.
  3. Mampu memberikan dan mencatat obat oral, toikal, parenteral, dan supositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan yang didelegasikan.
  4. Mampu memilih dan menggunakan peralatan dalam memberikan asuhan keperaatan sesuai dengan standar asuhan keperawatan.
  5. Mampu mengumpulkan data, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan, mendokumentasikan, dan menyajikan informasi asuhan keperawatan.
  6. Mampu melakukan komunikai terupetik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan atau keluarga, pendamping/penasehat tentang rencana tindakan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya.
  7. Mampu memberikan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pola hidup sehat klien dan menurunkan angka kesakitan.
  8. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan kualitas yang terukur terhadap hasil kerja sendiri, tenaga kerja pendukung yang menjadi tanggung jawab pengawasan dilingkup bidang kerjanya.
  9. Mampu melakukan pencegahan penularan infeksi dan promosi kesehatan.

Keterampilan Umum (KU)

  1. Menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dengan menganalisis data serta metode yang sesuai dan dipilih dari beragam metode yang sudah maupun belum baku dan dengan menganalisa data.
  2. Menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang diukur
  3. Memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis dan inovatif, dilaksnakan dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
  4. Menyusun laporan tentang hasil dan proses kerja yang akurat dan sahih, mengomunikasikan secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkannya.
  5. Bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
  6. Melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
  7. Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan megelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.
  8. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.